7/12/2006

Jalur Pipa Gas AKA "JPG"

Banyak yang sudah tau atau dengar nama "JPG", tapi banyak juga yang belum tau apa dan dimana JPG itu. JPG Adalah singkatan dari "Jalur Pipa Gas", ya memang betul di area itu terpasang pipa gas bawah tanah milik negara. Diatas jalur pipa ini adalah jalur tanah yang tidak boleh ada bangunan diatsanya, atau kendaraan roda empat melintas diatasnya, jadi sepanjang jalur ini adalah jalur off road (tanah,rumput, batu2an) yang asik untuk dipakai ber MtB. Saya bersama teman JPG'er pernah menelusuri jalur ini samapi ke Depok. Kita berangkat dari warung ketan di JPG, Jombang, Tanggerang, atau lebih dikenal dengan sebutan Empok Kafe dan finishnya dihutan lindung UI, Depok.

Lokasi JPG ini terletak di desa Lengkong Gudang Timur (LEGUTI), BSD-Jombang, Tanggerang, dimana para pengemar sepeda gunung di akhir pekan atau hari2 libur baik perorangan, club atau grup biasanya datang untuk melakukan bebrbagia aktifitas dengan sepeda gunungnya masing2. Mereka yang tinggalnya tidak terlalu jauh sekitar 20 km an atau lebih sedikit biasanya datang langsung dengan mengendarai sepedanya, sedangkan yang jauh2 biasa datang dengan membawa sepedanya di mobil. Lokasi in bisa dikatakan semacam Bike Park untuk umum dan dikelola bersama2 para MtB'er yang sering bermain disini dan tidak dipungut biaya, tetapi kadang2 beberapa pengunjung secara suka rela menitipkan uang pada kotak kenclengan yang tersedia di Empok Kafe untuk biaya perbaikan sarana lintasan yang biasanya kita meminta jasa penduduk setempat untuk mengerjakan prbaikan jembatan bambu atau pembabatan2 tumbuhan2 / phon2 liarnya.

Sebetulnya lokasi JPG ini sudah ada sejak tahun 1995 dan sudah digunakan oleh beberapa club MtB untuk latihan ataupun event balapan, pada tahun 1998 lokasi ini krisis pengunjung mungkin akibat dampak dari krismon yang pernah kita alami. Di tahun 2001 dengan semangat yang besar, beberapa orang anggota club yang dulu malang melintang disini mulai bergerilya mencari MtB'er lama atau baru untuk mau main lagi disini, dan hasilnya JPG kembali ramai oleh pengemar olah raga sepeda gunung dan sampai sekarang lokasi ini tidak pernah sepi lagi, tiap tahun banyak muka2 baru yang hadir, sedangkan muka2 lama kadang muncul kadang absen tapi secara keseluruhan JPG tetap ramai kembali.

Disini para MtB'er bisa ber lintas alam sepanjang 6,5 km satu putarannya di lintasan yang sengaja dibuat ini. MtB'er diajak menyusuri beberapa desa dengan melintasi jalur2 hutan bambu, sawah2, ladang penduduk, empang yang kondisinya masih sangat asri dan sejuk, peta lintasannya seperti foto diatas. Terima kasih buat IGO yang telah mebuat peta ini dengan peralatan GPS nya. Dan untuk detail mengenai karakter dan tingkat kesulitan lintasan di JPG ini bisa baca reviewnya di Blognya IGO

Dari sini juga banyak yang melakukan aktifitas touring ke arah Bogor melalui Parung atau ke arah Karawaci Tangerang melelui desa Cihuni yang lintasannya hampir mirip2 di JPG, dan harus menyeberangi kali dahulu Cisadane yang lumayan deras arusnya dengan menggunakan rakit bambu, biasanya mereka yang melakukan touring berangkat dari "Empok Kafe" pukul 8.00 dan baru kembali lagi paling lambat sekitar pukul 15.00

Untuk beberapa atlit lintasan JPG ini dipakai juga sebagai salah satu sarana latihan rutinnya, sayangnya lintasan di JPG ini memang tidak permanen jadi sewaktu-waktu dapat berubah/bergeser kearah lain sesuai dengan kebutuhan lahan oleh penduduk setempat.

15 comments:

Anonymous said...

hihihi gak nyangka hari ini nulis ttg jpg barengan momi.

silahkan peta gue dipake, tujuannya emang biar bisa narik orang utk ikut genjot koq :)

igo tea'

Spedaman said...

wuih saya kangen sama JPG, taun 2003 akhir belajar mtb bareng sama mas Odjie cik cik cik, Tanaya (anaknya P'Djati).
sekarang dah jarang kesana.

btw tukeran link yuk:D

Unknown said...

Wah sekarang JPG'er yang lama2 dah jarang nongol apalagi Ojie cik cik cik ga pernah nongol sama sekali, pak Djati setelah cedera tulang rusuknya sampe sekarang masih absen genjot tapi ke JPG masih kadang2 naik motor.
Sila di link kalo mau....

Anonymous said...

best regards, nice info
»

Anonymous said...

Keep up the good work home interior decor

Anonymous said...

PakDe, salam kenal.
Dari gambar dan ceritanya asik banget yah.... jadi kepingin ikutan besepeda.

salam,
Miing

Yayat Sudrajat said...

Lam Kenal Pak De, Pecinta Sepeda Surabaya. Asyik juga ada JPG di Jakarta. Kapan bisa merambah Surabaya Pak? Jadi ngiri ama JPG he he. Trims Pak De.

In Articles said...

wuih saya kangen sama JPG, taun 2003 akhir belajar mtb bareng sama mas Odjie cik cik cik, Tanaya (anaknya P'Djati).

Visit My Blog:
Free Articles Directory & List Articles Directory

In Articles said...

wuih saya kangen sama JPG, taun 2003 akhir belajar mtb bareng sama mas Odjie cik cik cik, Tanaya (anaknya P'Djati).

Visit My Blog:
Free Articles Directory & List Articles Directory

loan counseling said...

Forex Broker

HDTV Sony Bravia

How To Prevent Heart Disease

FREE Get Quality Backlinks

Digital Video Recorders

tips credit card said...

I enjoy reading this blog. Could tell me how I could subscribing with it? By the way I discovered this blog through Aol.

Anonymous said...

saya biasa lewat jpg dan kalo papasan dgn komunitas jpg cuma sigh bell aja karena saya naik sepeda hanya utk kebugaran badan saja dan itu saya lakukan dari sd sampai skrg 42th. tapi krn dengar kemasyuran jpg jd pingin gbg gmn caranya

supriyanto said...

hay bikers jpg yang sehat2 kalo mau bisa tiup saksophon ,trompet, atau flute sambangin aja markas saya serua . pasti seru deh

Harga Toyota said...

Salam kenal. Semoga sukses selalu :)

AstraBright said...

Nice share, thank you and keep share a fresh topic and great post like this. - Dealer Toyota Surabaya