7/03/2006

Efek Caffeine dan Penggoes


Saya termasuk orang yg suka minum kopi, mungkin juga sudah termasuk kecanduan, dan bila ke Bandung sudah pasti harus menyempatkan mampir ke Pabrik Kopi Aroma yang sudah berdiri sejak tahun 1930 itu untuk membeli biji2 kopi yang masih segar.

seberapa parahnya saya denngan kopi ini saya tidak tau, tetapi untuk kopi tubruk yang kental dan pait saya bisa menghabiskan 5 cangkir per hari, bahkan kalau udara lagi panas saya biasa ambil kopi dilemari es sisa semalam yg tidak habis sewaktu saya mengekstrasi kopi dengan moka pot (ukuran 6 cangngkir espresso) dan ditambah es batu .... bener2 nikmat, buat saya coca cola kalah seger dah.

Nah sebetulnya untuk penggoes sepeda jarak jauh ternyata Caffeine ini sangat bermanfaat menurut sebuah artikel yang kebetulan saya baca, Masih kata peneliti dan juga
tulisan dalam penelitian US Olympic Training Center di Colorado untuk para penggoes yg terlatih, bahwa dengan mengkonsumsi 330-450 mg Caffeine satu jam sebelum latihan dapat meningkatkan kemampuan goesnya sebesar 25% sebelum kelelahan.

Juga oleh Peneliti dari
Mayo Clinic Harvard School of Public Health USA menyebutkan bahwa minum dua samapai empat cangkir kopi sehari dapat terhindar dari beberapa penyakit, seperti kangker usus 25%, batu empedu 45%, sirosis hati 80% dan asma 50%.

Menurut mereka, mengkonsumsi kopi sebelum latihan berpengaruh pengaruhnya adalah sbb. Caffeine men stimulasi tubuh supaya medahulukan/meningkatkan penggunaan lemak sebagai bahan bakar utama pada saat latihan, Ini akan menyebabkan penggunaan Glycogen (Carbohydrate) menurun (bukan sebagai bahan bakar utama) sehingga Glycogen dapat berfungsi sebagai cadangan tenaga, dan hasilnya bisa goes lebih lama dan lebih kuat sebelum kelelahan. (biasanya justru Glycogen lah sebagai bahan bakar yg pertama dipakai sampai habis dan sisanya dari lemak, padahal cadangan glycogen lebih kecil dibanding cadangan lemak dalam tubuh). Untuk kebutuhan tersebut diatas bagi penggoes telah dibuat power gel yg mengandung caffeine

Tetapi apakah efek Caffeine ini juga mempunyai efek terhadap orang yang terlalu banyak minum kopi setiap harinya seperti saya? Selain bermanfaat menurut saya Caffeine juga ada efek buruknya bila dikonsumsi terlalu banyak apa lagi bagi penderita mag.

6 comments:

Igo Mappangara said...

kalo saya bukan penikmat kopi, pakde. mangkanye kalo ke bandung senangnya tour de makanan. senangnya ke toko yu si samping boromeus, mie panggangnya asyik nyam...nyam.....

Budi Sutomo, S.Pd said...

ternyata kopi memang berbahaya ya pak?! salam

anulucu said...

Kopi memang berbahaya, Pak Budi. Apalagi kalo masih panas-panasnya langsung ditenggak atau cara penyuguhannya dengan melempar cangkirnya ke konsumen, itu jelas sangat berbahaya!

Semua hal yang digunakan secara berlebihan pasti akan memiliki dampak negatif, tak terkecuali kopi.

Tidak usahlah kita bicara tentang kopi. Mari kita bicara tentang Daging. Daging sangat baik untuk dikonsumsi karena banyak mengandung protein dan lemak yang dibutuhkan oleh tubuh.

Tapi bagaimana bila orang terlalu banyak makan daging? Dari sisi kesehatan, orang yang terlalu banyak makan daging akan memiliki timbunan lemak yang berlebih, dan hal ini jelas merugikan kesehatan orang tersebut.

Intinya, konsumsilah kopi dengan jumlah yang wajar.

http://fema.ipb.ac.id/web/home.php?menu=detail_artikel.php&recordID=4

http://www.depkes.go.id/index.php?option=articles&task=viewarticle&artid=47&Itemid=3

Anonymous said...

Enjoyed a lot! » » »

Anonymous said...

Kopi memang enak.
Saya juga maniak kopi, asal ada kopi pasti diembat. Sayang kalo hidup gak menikmati itu Pak. Hehehe.

salam kopi dan genjot!

Hidayat


.

Anonymous said...

I have been looking for sites like this for a long time. Thank you! backpacks for kids Freeware scan disk Global satellite phones How long before nexium starts to work cingular ringtones Black shemale clips Long island infiniti dealers Voip truevoice Atlanta farm insurance state pda pocket pc http://www.retail-security-systems.info Charlotte laser tooth whitening taxes Prescription diet pill adipex 504 filter hac honeywell humidifier