7/01/2006

ex LOKAL vs ex LUAR

Frame Optimist - Traxer, Componen Shimano - Deore LX, Rim Mavix 221, Ban Panaracer - Dart Smoke, Shock, RST - CAPA, Shifter Sram 8 Speed


gw neh gi nyepedahFenomena produksi barang ex lokal dengan barang ex luar memang tidak pernah berhenti dibicarakan, yang jelas sekarang image barang ex lokal itu payah deh pokoknya.
Padahal produsen2 luar sebetulnya banyak yang membuat pabriknya disini ... misal sepatu, baju2 sport, dll, yang jelas mutunya pun pasti di kontrol oleh pihak juragannya dari sana itu.

Sehubungan diatas saya mau cerita sedikit dengan sepeda MtB saya, sudah lama memang saya senang olah raga bersepeda tetapi setelah mulai lebih serius kira2 tahun 1998 saya berfikir untuk membeli sepeda yg lebih bagus performanya dari segi geometrinya, bahannya, bobotnya dan bisa dipake race sekali2(spek kompetisi). Karena sebelumnya pake sepeda MtB tapi jenis touring dan bukan buatan lokal.

Karena baru serius dan kondisi kantong lagi mepet maka jatuh pilihan pada frame MtB buatan lokal, menurut saya frame ini cukup bagus dari segi geometrinya, bobotnya dan kekuatanya, bahwa frame ini harusnya bisa dipakai sedikit ajrut2 an atau balapan cross country minimal.
Setelah selesai merakit (penapakannya seperti foto yang diatas) dan dites ternyata memang frame ini manouvernya luar biasa cukup agresif untuk dipakai race.

Ternyata frame ini dari segi kekuatanya kurang baik, karena setelah sekian lama dipakai ajrut2 an mulai ada retak di BB (Botom Bracket) shelnya, saya coba untuk mengelasnya dan di pakai lagi ternyata juga tidak bisa bertahan lama.
Sedangkan rekan lain yg memakai frame yg sama juga mengalami retak di daerah pertemuan Seat Tube dan Top Tubenya.

Kesimpulan saya barang2 ex lokal sebetulnya tidak jelek2 amat tapi mungkin karena sistim pengawasnnya saja yg kurang, dan dijual untuk konsumsi lokal jadi produksinya tidak memperhatikan standar mutu internationalnya, dipikir toh yg beli orang2 kita saja yang penting kan mereka bisa beli murah padahal setau saya frame ini juga dipasarkan ke luar negri, ke UK tapi pasti mutunya beda.
Tetapi belakangan ini sepeda MtB produksi lokal sudah baik, hanya untuk yang spek kompetisi memnag belum memadai.

Ada cerita lucu dari sepupu saya yang pergi berlibur ke Amrik bersama keluarganya, mereka kebetulan lupa membawa kamera padahal kalau kita berlibur keluar kota atau keluar negri pasti tidak akan pernah absen bikin foto2.
Singkat cerita akhirnya diputuskan beli camera saku merek Fujica yang murah meriah dan cukup bagus untuk dipakai foto2 liburan.
Setelah puas jepret sana jepret sini dan foto akan dicetak baru ketahuan kalau camera tersebut ternyata buatan Indonesia, dan dengan senyum kecut dan dala hati berpikir buat apa jauh2 beli kamera kalo ternyata buatan negara sendiri ....

No comments: