7/10/2006

Gedung Tua Museum Fatahilah

Sudah lama tidak sepedahan ke daerah kota, karena selain jauh dari tempat tinggal saya, saya lebih memilih untuk ber olah raga lintas alam dengan sepeda MTB saya kedaerah pedesan Serpong, Tanggerang secara rutin yang berjarak kira-kira 20 km dari rumah. di daerah ini saya bisa menikmati udaranya yang jauh lebih bersih tidak berpolusi, kita bisa menikmati suasana persawahan, hutan bambu, dan desa2 yan masih asri, sekaligus rekreasi untuk menghilangkan kejenuhan berkerja sehari-hari.

Tetapi minggu yang lalu sempat kangen juga jalan2 kekota, jadi pagi2 sekali sekitar pukul 6.30 saya start dari rumah di daerah Rempoa, Ciputat genjot kedaerah kota, karena biasanya pada hari minggu jalan2 protokol ditutup untuk kendaraan bermotor jadi saya bisa santai dengan menikmati udara yg cukup nyaman, memang setiap hari minggu banyak pengemar olah raga bersepeda mengunakan kesempatan ini dan biasanya mereka berkumpul di daerah Silang Monas.

Setelah sampai didaerah kota saya sempatkan berkeliling melihat-lihat bangunan tua peninggalan pemerintah Kolonial Belanda, yang sayang sekali beberapa gedung sangat kurang sekali perawatanya dan telah berubah fungsi menjadi gudang2, singkat cerita sebelum kembali ke rumah saya istirahat sejenak di pelataran gedung Fatahilah yang terletak di Jalan Taman Fatahillah # 1, dibangun awal abad ke-16, tepatnya tahun 1707 yang dahulunya gedung ini merupakan Stadhuis (Balaikota) kota jakarta era pemerintahan kolonial Belanda.

Pagi ini bangunan ini terlihat sangat anggun dan damai sehingga tergelitik saya untuk mengabadikan jejeran jendela2 yang berbaris rapi seperti prajurit kompeni pada zaman nya, padahal di hari biasa suasana disekitar gedung sangat semerawut, jalan2 macet, bising, banyak tukang2 dagang mangkal, sehingga keanggunan gedung ini tenggelam dengan kesemerawutan aktifitas perdagangan yang memang sebagian besar berpusta disekirtar kota ini.

5 comments:

Anonymous said...

buset ga gempor tuh ngegenjot ke kota..

Anonymous said...

halo om hp .. met kenal ya .. ini disuruh komen sama bude rieke nih *icon siul2*

wah hebad euy dari rempoa ke kota .. berapa km tuh ya ? baliknya genjot lagi nggak tuh ? :-D

Anonymous said...

Pakde saya habis ditarik-tarik sama bude..disuruh komen *ikon pasrah*
Salam kenal yah pakde. Pengen bisa naik sepeda juga saya..cuma gak bisa..hehehehe...
Pakde, hati2 sama yg namanya bang johny ya...

Unknown said...

Jeng Ika Sama jeng Rah terima kasih ya sudah mau mampir.
Saya kekota sama temen2 b2w ga lansung sih, jadi janjian dulu kumpul di Senayan di depan Put Put, baru genjot bareng ke kekotanya, karena ada temen dan bisa sambil ngobrol jadi ga kerasa cape, tapi sebetulnya kalo sudah biasa ga capek kok, buat jeng Rah ... hare geneh ga bisa sepedaan?? ...:D
Btw kalo ke Jkt butuh temen sepedaan calling2 ya, nanti tak temenin deh sepedan ditempat yang adem2

komen aku said...

salam kenal Pakde,,bang Jhoni,,Ika,,dan Bu Rah..aku punya hobbi olahraga dan jalan-jalan, kadang-kadang sih hobinya ngikutin mood juga...

Fotonya yang di Museum bagus Pakde..Pakai kamera apa Pakde?