11/24/2008

Canon G10 matches Haselblad??

Satu ari sempet ngobrol2 soal foto sama temen yang kerjaannya motretin mubil buat iklan di setudionya, ngobrol punya ngobrol dia nyeletuk "Udah baca G10 bisa nyamain Phase One" karena dia juga make Phase One di Hassy nya dan pernah dapet komplen soal pixsel ini. "Huh?? Belom, Dimana?? Ah becanda lu??"

Secara Canon G10 kamera saku 15Mp yang bandrolnya cuma 5 jeti-an, kok bisa nyamain kamera medium format Hasselblad dengan Phase One P45+ back 39Mp seharga 400 jeti-an. Saking penasarannya langsung dah googling dg judul G10 vs Phase One P45+, dan jawabannya ketemu di The luminous landscape

Secara garis besar ceritanya sbb.

Di pertengahan bulan otober 2008 Michael H Reichmann (a fine-art landscape and wildlife photographer) sedang mengadakan work shoop 5 hari bersama /george clientnya dari Ireland yang masing2 menggunakan kamera digital medium format Sinar, sedangkan Michael menggunakan Hasselblad H2 dengan Phase One P45+ back. pas ada waktu segang sedikit dia juga sekalian ngetes kamera digital poket baru, canon G10 dan Nikon P6000 buat bahan comparative review di Blognya.

Setelah beberapa hari kerja diselingi ngetes kamera2 poket diatas, dia kok akhirnya terkesan banget dengan kamera canon G10 ini. dimana pada minggu2 itu se hari2nya dia selalu melototin file2 melalui macbook pro 15" nya, dan disaat itu juga dia kok ga bisa bedain mana file raw dari jepretan Hasselblad dan mana file raw yang dari jepretan Canon G10, walaupun itu pun sudah di perbesar hingga 100%.

Jelas di bukan seorang newbe, dia sudah 50 tahun berkecimpung didunia in dan dia tahu benar apa yang sedang diliatnya, dia yakin tidak bakalan beda hasil cetakannya nati apabila dicetak dengan kulitas untuk eksebisi dengan apa yang terpampang di layar monitor 15" nya saat itu (sudah diset dan dikalibrasi secara benar). bagaimanapun dia sangat penasaran dengan apa yang dilihatnya, dan dia sangat2 takjub.

Karena hal tsb diatas, secara ga sengaja timbulah ide nyelenehnya pas sesi motretin suasana hutan di musim gugur, kebetulan dia juga bawa G10 maka kejadian deh komparasi side by side antar H2/P45+ 55-110mm vs G10 28-140mm ini.

H2 nya dia pasang diatas tripod yang kokoh, cermin terkunci keatas, waktu 3detik menggunakan shelf timer, fokus manual, white balance menggunakan gray card.

G10 nya cuma ditaro diatas H2 dan dipegang dengan tangan aja karena pikirnya G10 mempunyai Image stabilization, autofocus, autoexposure dengan Aperture priority mode dan cerita lengkapnya sila baca di luminous-lanscape

Memang kalo di keker lebih dalam pixselnya ada beda, tapi untuk sekdar dicetak seukuran A4~A3 untuk keperluan Brosur2 kan sudah cukup, hari gini kok masih cari yang mahal. Sepertinya teknologi kamera Digtal sudah bisa menembuas batas kemampuam teknologi kamera Analog, disamping memang siapa yang ada dibelakang kameranya.

1 comment:

Unknown said...

Lagi nyari soal G10, buat kepraktisan motret saat ngemtebeh. :-). Gak taunya nemu disini artikel bagus, izin tak copy buat artikel di MP-ku ya pakde Momi ;-)
www.emkland.multiply.com
Matur kesuwun...